Tol Soroja Akan Diuji Coba

2017-10-18 12:02:00 , Posted by Admin

Tol Soroja Akan Diuji Coba

Tol Soroja Akan Diuji Coba

Untuk Sementara Hanya Tiga Gerbang yang Digunakan

 

Bandung, (PR).-

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan pembangunan jalan Tol Soreang-Pasirkoja sudah sesuai dengan rencana, yakni akhir Oktober. Rencananya, awal November mendatang jalan tol sepanjang 10,5 km ini memasuki masa uji coba.

 

"Alhamdulillah, progres Soroja sekarang sesuai dengan rencana. Diharapkan, akhir Oktober selesai dan November proses uji coba dan persiapan uji coba. Sekda Kabupaten Bandung sudah berkoordinasi dengan kami. Direktur PT CMLJ (Cipta Marga Lintas Jabar) pun sudah berkoordinasi dan bupati sudah diinformasikan. Dengan demikian, pada saat proses uji coba, semua sudah dipersiapkan dengan matang," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (17/10/2017).

 

Menurut dia, dari hasil proses uji coba nanti, pihaknya akan menampung masukan-masukan berbagai pihak. Yang pertama, soal kelayakan jalan tol dan terkait infrastruktur pendukung yang harus disiapkan pemerintah.

 

"Mungkin untuk kelayakan jalan menjadi ranahnya BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol). Yang kedua, kekurangan-kekurangannya apabila jalan tol selesai, untuk jaringan jalan lanjutan, baik jaringan jalan menjadi kewenangan pemerintah provinsi maupun kabupaten," katanya.

 

Diakui Iwa, pihaknya sudah merencanakan jalan pendukung untuk Soroja ini. Namun, nantinya bergantung pada hasil uji coba. "Jalan pendukung juga dipersiapkan. Tetapi, hal itu akan diputuskan dari hasil uji coba. Itu menjadi bahan masukan untuk proses berikutnya, " kata Iwa.

 

Anggarannya, lanjuta Iwa, memungkinkan untuk dianggarkan pada 2018 atau 2019. "Yang jelas kita bersyukur yang sudah dinanti-nantikan masyarakat Kabupaten Bandung dan Jabar bagian selatan sudah mendekati kenyataan dengan adanya proses uji coba," ucapnya.

 

Ditemui terpisah, Bupati Bandung Dadang M Naser menuturkan, soft launching Soroja akan dilakukan akhir Oktober ini. Untuk itu, pembangunan sedang dikebut, khususnya pintu akses keluar dan masuk jalan Tol Soroja. "Kami sudah mendapatkan kepastian dari kontraktor Soroja bahwa jalan tol akan soft launching pada akhir bulan Oktober ini," kata Dadang.

 

Dadang menambahkan, dalam soft launching ini akan dilakukan uji coba kelayakan jalan tol dan penilaian dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Badan Usaha Jalan Tol. " Setelah dinyatakan layak operasi, jalan Tol Soroja rencananya akan diresmikan Presiden Jokowi November mendatang," ujarnya.

 

Namun, kata Dadang, untuk sementara tidak semua pintu akses Tol Soroja akan dibuka karena belum semua pintu akses selesai dibangun.

 

"Minimal, ada tiga pintu akses yang akan dibuka, yakni pintu Tol Pasirkoja, pintu Tol Si Jalak harupat depan kompleks stadion, dan pintu akses samping Balerame Sabilulungan atau depan kompleks Pemkab Bandung," ujarnya.

 

Pintu Akses jalan Tol ldi Taman Kopo Indah, Katapang, dan Gading Tutuka 1 kemungkinan besar belum bisa dipergunakan. "Pintu tol Taman Kopo Indah memang sudah selesai tapi belum dibangun jalan putarnya untuk memisahkan antara kendaraan yang akan masuk dan yang akan keluar," katanya.

 

Jalan akses di Katapang maupun Gading Tutuka 1 sampai sekarang belum dibeton sama sekali. "Yang penting jalan Tol Soroja bisa selesai lalu dipergunakan agar masyarakat tidak terjebak kemacetan parah di Jalan Raya Kopo," (Novianti Nurulliah, Sarnapi)***

 

Sumber: Pikirian Rakyat


Konsultasi Via Whatsapp